Arsitektur Informasi
1. Pengertian Arsitektur Informasi
· Sering disebut arsitektur teknologi informasi, arsitektur system informasi atau infrastruktur teknologi informasi.
· Suatu pemetaan atau rencana kebutuhan-kebutuhan informasi di dalam suatu organisasi (turban, McLean, Wethrbe, 1999).
· Bentuk khusus yang menggunakan teknologi informasi dalam organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan atau fungsi-fungsi yang telah dipilih (loudon & loudon, 1998).
· Desain system computer secara keseluruhan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan oeganisasi yang spesifik.
2. Tujuan Arsitektur Informasi
· Agar bagian teknologi informasi memenuhi kebutuhan-kebutuhan bisnin strategis organisasi.
· Sehingga arsitektur informasi memadukan kebutuhan informasi, komponen system informasi dan teknologi pendukung.
Contoh Arsitektur Informasi
Arsitektur Informasi dibedakan menjadi 3 macam
· Arsitektur Terpusat (centralized)
· Arsitektur Tersebar (decentralized)
· Arsitektur Client/Server
3. Arsitektur Terpusat
· Arsitektur Terpusat adalah pemprosesan data yang terpusat, semua pemrosesan data dilakukan oleh komputer yang ditempatkan di dalam suatu lokasi yang ditunjukan untuk melayani semua pemakai dalam organisasi.
· Keuntungan
a. Instalasi lebih aman.
b. Kontrol aman.
c. Biaya pemeliharaan murah.
d. Lebih mudah dalam membuat perencanaan strategis.
e. Lebih mudah melakukan pelatihan.
f. Hardware dan software terstandarisasi sehingga lebih mudah dalam pemeliharaan.
· Kerugian
a. Jika ada masalah maka semua akan terkena dampaknya.
b. Sistem yang dibuat secara global.
c. Proses mainframe lebih lama.
d. Merubah subsistem berdampak ke seluruh system.
4. Arsitektur Tersebar
· Sistem pemprosesan data terdistribusi dengan komputasi tersebar sebagai system yang terdiri atas sejumlah komputer yang tersebar pada berbagai lokasi yang dihungkan dengan sarana telekomunikasi dengan masing-masing computer.
· Keuntungan
a. Menghemat biaya.
b. Peningkatab tanggung jawab pada pengeluaran biaya.
c. Peningkatan kepuasan pemakai.
d. Kemudahan pencadangan ketika terjadi musibah.
· Kerugian
a. Memungkinkan kekacauan control terhadap system computer.
b. Ketidaksesuaian dalam menyediakan Hardware dan Software.
c. Kemubadziran dalam tugas.
d. Standarisasi tak bisa tercapai.
5. Arsitektur Client/Server
· Client adalah sembarang system atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server
· Server adalah system atau proses yang menyediakan data atau layanan yang di minta oleh client.
· Keuntungan
a. Jika sebuah mesin macet, bisnin akan tetap jalan.
b. Sistem memberikan kekuatan dalam melaksanakan suatu tugas tanpa monopoli sumber-sumber daya.
c. Menawarkan keluwesan untuk melakukan pembelian pada hal-hal lain atau untuk meningkatkan keuntungan.
d. Bebas memilih Hardware, Software dan layanan dari berbagai vendor.
e. Mudah untuk memperbaharui system.
f. Dapat mencampur dan mecocokkan platform computer yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen dan pemakai.
· Kerugian
a. Membutuhkan Hardware yang lebih tinggi dan mahal untuk mesin server.
b. Membutuhkan administrator yang professional.
c. Kelemahan jika menggunakan satu server jika data user menjadi tidak ad ajika server mati.
0 komentar
Post a Comment