Monday, December 26, 2016

Konsep Dasar Sistem dan Sistem Informasi

Konsep Dasar Sistem dan Sistem Informasi

1. Sistem

  • Menurut Kamus Inggris-Indonesia John M. Echols dan Hassan Shadily "System" diartikan sebagai susunan. misal, sistem syaraf berarti sususan syaraf, sistem jaringan berarti sususan jaringan.
  • Menurut M.J Alexander dalam buku Informasi System Analysis Theory and Application, sistem merupakan sekolompok elemen-elemen baik fisik maupun non-fisik yang menunjukkan suatu kumpulan saling berhubungan dan berinteraksi menuju tujuan, atau sasaran sebuah sistem.
  • Sistem juga bisa diartikan sebagai "cara". Misal sistem pengamatan, sistem penilaian, sistem pengajaran dan lain sebagainya.
  • Kesimpulan : sistem adalah sebuah kesatuan utuh yang terdiri dari beberapa bagian yang saling berhubungan dan berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Elemen Sistem
  • Tujuan
  • Masukan 
  • Proses
  • Keluaran
  • Mekanisme Pengendali
  • Umpan Balik
Contoh Sistem
  • Input : Mobil yang kotor, air, dan berbagai bahan pembersih. Waktu, energi, keterampilan, dan pengetahuan juga berfungsi sebagai input ke sistem karena meraka dibutuhkan untuk mengoperasikannya.
  • Proses (Mekanisme) : Mekanisme umpan balik adalah penilaian tentang bagaimana membersihkan mobil. Penyemprot air, sabun cair, atau lilin mobil tergantung pilihan yang anda pilih.
  • Output adalah mobil bersih.
3. Subsistem dan Super Sistem
  • Sebuah sistem bisa memiliki sub sistem ataupun supra sistem (tergantung sudut pandang).
  • Sebagai Contoh, jika sekolah dipandang sebagai suatu sistem, pendidikan adalah supra sistemnya dan siswa adalah sub sistemnya.

4. Klasifikasi Sistem
  • Abstract System vs Physical System
  • Natural System vs Human Made
  • Deterministic System vs Probabilistic System
  • Open System vs Closed System
5. Sisem Informasi
  • James B Bower dalam bukunya Computer Oriented Accounting Informations System 
          Sistem Informasi adalah suatu cara tertentu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan                 oleh organisasi untuk beroperasi dengan cara yang sukses dan untuk organisasi bisnis dengan             cara yang menguntungkan.
  • Adalah sekumpulan fungsi yang berkerja secara bersama-sama dalam mengelola, mengumpulkan, menyimpan, memproses serta mendistribusikan informasi.
  • Adalah sekumpulan elemen yang bersama-sama baik secara manual ataupun berbasis komputer dalam melaksanakan pengolahan data yang berupa pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan data untuk menghasilkan informasi yang bermakna dan berguna bagi proses pengembilan keputusan.
  • Pada dasarnya sistem informasi merupakan suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.

0 komentar

Post a Comment