Monday, December 26, 2016

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Part2

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi

         1.      Buffer Operation
·         Pada off-line operation, proses pembacaan data pada magnetic tape dan pengolahan data dalam computer berlangsung secara sequensial.
·         Sebelum data masuk, computer tidak mengolah data, pada saat computer mengolah data, masukan berhenti.
·         Bagaimana caranya sehingga masukan data ke dalam computer dan pengolahan data dalam computer dapat berlangsung bersamaan?
·         Alat masukan dilengkapi memori penampung (buffer).
·         Data dari magnetic tape dibaca ke dalam buffer. Dari buffer data masuk ke proses computer.
·         Pada saat computer sedang mengolah data pekerjaan pertama, pada saat yang sama bisa dibaca input pekerjaan kedua ke buffer.
·         Terjadi kerja serentak antara pembacaan data dari magnetic tape dan olah data di dalam komputer.

         2.      Operasi SPOOL
·         Bagaimana kerja alat masukan/keluaran berlangsung serentak dengan pengolahan data dalam komputer?
           SPOOL (Simultaneous Peripheral Operation On-Line)

·         Membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus pada saat yang sama, dapat diakses secara simultan.
·         Sambal memasukan data atau mengeluarkan informasi, pada saat yang sama komputer juga terus mengolah data.

         3.      Multiprogramming
·         Bagaimana pengolahan di dalam computer bisa secara serentak menerima lebih dari satu pekerjaan atau program?
·         Dilakukan dengan membagi memori menjadi beberapa bagian/partisi yang berisi satu pekerjaan yang berbeda.
·         Agar siap beroperasi, beberapa pekerjaan harus selalu berapa di memori utama, yang memerlukan manajemen memori.
·         Apabila beberapa pekerjaan berada dalam keadaan siap beroperasi, prosesor harus mengambil keputusan pekerjaan mana yang akan beroperasi, yang memerlukan algoritma penjawdwalan.

         4.      Sistem Time Sharing
·         Beberapa pengguna secara bersamaan mengakses system melalui terminal, dengan system operasi yang menggilir eksekusi setiap program pengguna dalam sebuah burst pendek atau kuatum komputasi.
·         Disebut juga dengan multitasking.
Cara menghitung Time Sharing
Proses
Burst Time (ms)
P1
10
P2
4
P3
6
P4
3

  Quantum Time = 2ms

P1
P2
P3
P4
P1
P2
P3
P4
P1
P3
P1
P1
2
4
6
8
10
12
14
15
17
19
21
22

         5.      Sistem Real Time
·         Digunakan jika suatu operasi memerlukan ketepatan waktu dari prosesor atau aliran data.
·         Begitu ada data masuk, maka prosesor harus segera mengolah data itu.

         6.      Sistem Jaringan
·         Sistem operasi untuk jaringan computer dengan mengasumsikan pemrogram/user menyadari keberadaan computer-komputer yang terhubung di dalamnya.
·         Tujuan : data sharinghardware sharing dan program sharing.

         7.      Sistem Terdistribusi
·         Komputasi tidak terpusat tapi dipecah menjadi banyak subkomputasi yang dieksekusi di banyak komputer.
·         System operasi pada jaringan computer dengan user/pemrogram todak perlu menyadari keberadaan computer-komputer yang terhubung.
·         Pengalokasian kerja dilaksanakan secara otomatis oleh system operasi.

         8.      Generasi Komputer
·         Generasi Pertama (1945-1955)
a.       Belum ada system operasi.
b.      Awal pengembangan komputasi elektronik.
·         Generasi kedua (1955-1965)
a.       Batch processing system. Tugas dikumpulkan dalam satu rangkaian, dan dieksekusi secara berurutan.
b.      Pada awal generasi, system computer belum dilengkapi system operasi.
c.       1964, IBM mengeluarkan computer system/360 dengan system operasi OS/360.
·         Generasi ketiga (1965-1980)
a.       System operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai interaktif sekaligus.
b.      Multiprogramming. Komputer melayani banyak tugas.
c.       Multiuser.
d.      Timesharing. Pelayanan kepada user dengan bergantian secara cepat.
e.       Spooling. Pirepheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus dalam waktu yang sama secara simultan.
·         Generasi Keempat (1980-Sekarang)
       a. Sistem operasi ditunjukan untuk banyak mode pengolahan, missal mendukung              batch processing, timesharing, networking, real time.
       b. Network system.
       c. Distributed system.
       d. Antar muka komputer berbasis grafis (GUI- Graphical User Interface) dengan               pengoperasian mengikuti konsep WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer).

Sejarah Perkembangan SO Part 1

0 komentar

Post a Comment